Umbul Sidomukti Semarang

Desa Wisata Segala Atraksi

Anda, Warga Semarang atau seputarannya? Kemudian habis lebaran bingung mencari destinasi menarik untuk liburan bersama keluarga. Bagaimana kalau Saya sarankan satu destinasi multi atraksi yaitu Umbul Sidomukti. Sebuah desa bernama Sidomukti yang telah dikonvergensi menjadi desa wisata yang unik nan menarik.

Umbul Sidomukti adalah sebuah Maha karya alam membuat terpaku begitu kaki turun dari mobil di pelataran lokawisata Girigahana Sidomukti. Hamparan sawah berundak, sungai kecil, air terjun, dan hutan pinus, begitu eksotis. Jauh di seberang sana terlihat Gunung Ungaran, Gunung Merbabu dan Bukit Kembar Cimanggal.

Suasana alam di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. Apalagi air di kolam renang alam Umbul Sidomukti tergolong unik. Lokasinya berada di lereng Gunung Ungaran, persis di tepi jurang dan lembah.

Air umbul yang mengalir deras menjadi sumber air utama untuk taman renang alami Umbul Sidomukti. Limpahan air tersebut meluber ke kolam di bawahnya dan mengairi kebun dan sawah-sawah. Berkunjung ke kawasan wisata ini, Anda pasti akan menemukan sesuatu yang berbeda dari beberapa destinasi wisata yang pernah dikunjungi.

Ibarat bahasa populer, one stop destination to leisure. Iya, hanya di desa ini, Anda bisa merasakan beragam aktivitas yang menantang, dan menakjubkan. Setelah Anda puas bermain beberapa wahana Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, hingga Pondok Wisata, Anda tentu lapar. Pondok Lesehan Umbul Sidomukti, memiliki beberapa menu khas yang dijamin dapat mengurai rasa lapar Anda.

Mari Memacu Andrenalin Kita

Saat memulai mengekplorasi beberapa titik atau spot adrenalin, saya tertarik pada bentuk dan konsep kolam renang alam, yang ada di sana. Ada empat buah kolam yang bertingkat dan dapat dipilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Airnya sangat dingin, jernih dan menyegarkan. Selain itu ditambah pula dengan beberapa sarana olahraga menantang keberanian di sisi kolam.

Iya, benar. Tak jauh dari kolam renang, terdapat lintasan flying fox dengan dua pilihan track, marine bridge di lembah, rapeling menuruni lembah sisi kolam, dan ATV, kolam renang alami dan jalur trekking. Taman renang umbul alam Umbul Sidomukti terletak di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 dpl, diapit jurang di kedua sisinya.

Flying fox dengan panjang lintasan 110 meter, dengan jarak ketinggian dari titik terendah lembah sekitar 70 meter. Flying fox ini menyeberangi lembah, jadi seakan berpindah dari lereng bukit ke bukit di seberang dengan bergantung pada dua utas tali dan pengaman serta helm. Seperti biasa, flying fox dapat dilakukan dengan memilih gaya terlungkup seperti superman sedang terbang, atau gaya duduk biasanya. Tarif karcis flying fox lembah ini hanya Rp 12.000, tak mahal untuk sekedar menguji keberanian.

Umbul Sidomukti selain menawarkan panorama juga jalur trekking ke puncak Gunung Ungaran, Gua Jepang, dan Kebun Teh Medini. Yang pasti, Sidomukti yang telah menjadi paket agenda One Day Tour merupakan magnet baru wisata alami di Semarang.

Tiket parkir mobil Rp 2.000. Tiket masuk untuk hari biasa 4.000 rupiah per orang dan 5.000 rupiah pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur. Ingin mencoba marine bridge? Siapkan Rp. 7.000 untuk tiketnya. Serta Rp. 6.000 untuk rapeling, dan Rp 15.000 – 20.000 untuk 3 kali putaran ATV. Selain tiket reguler, pengelola juga menawarkan paket untuk kelompok berisi minimum 20 orang untuk corporate event seperti trekking.

Tips Menuju Umbul Sidomukti

Dari Jakarta, saya mengambil penerbangan sore hari. Satu jam kemudian, saya pun sampai di Bandara Ahmad Yani. Bagi yang tak berkenan dengan pesawat, banyak angkutan darat dari yang ekonomi hingga eksekutif seperti Bus dan Kereta Api yang menuju Semarang. Tentu dengan harga tiket yang berbeda. Sekedar saran, agar nuansa berlibur kian berkesan. Sewalah kendaraan roda empat atau naik taksi untuk menuju Umbul Sido mukti.

Umbul Sidomukti dapat ditempuh dari arah Semarang menuju Solo, sampai menemukan pom bensin Lemah Abang di sisi kiri jalan, belok kanan menuju ke arah Bandungan. Sampai di Pasar Jimbaran di sisi kiri, akan ada gang bertuliskan Sidomukti di sisi kanan dengan jalan menanjak. Di sepanjang jalan kecil ada beberapa papan petunjuk untuk sampai ke Taman Renang Alam Umbul Sidomukti, Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang.

Sebelum mengunjungi Umbul Sidomukti, pastikan kendaraan dalam keadaan prima. Periksa tekanan ban, rem, dan lampu berfungsi dengan baik. Jalan menuju lokasi penuh dengan tanjakan yang cukup curam, banyak lubang dan jalan relatif sempit. Selain itu kabut tebal cukup sering terjadi pada saat musim penghujan dan mengakibatkan jarak pandang terbatas. Jangan lupa membawa jaket, payung dan jas hujan untuk berjaga-jaga seandainya cuaca tiba-tiba tak mendukung rencana liburan Anda. (fatoer & gembur)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s