Lombok Sumbawa Pearl Festival 2011

Promosi Penghasil Mutiara Bertaraf Internasional

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) serta didukung Asosiasi Budidaya Mutiara Indonesia kembali akan menggelar Lombok Sumbawa Pearl Festival 2011 di Hotel Grand Legi Mataram, NusaTenggara Barat (NTB) pada 8 – 11 Juli 2011 mendatang.

DR. Sapta Nirwandar, Direktur Pemasaran Kementrian Budaya dan Pariwisata RI dalam jumpa pers pada tanggal 28 Juni 2011, di Gedung Sapta Pesona mengatakan, sehubungan akan penyelenggaraan festival Lombok Sumbawa Pearl Festival diharapkan akan mendorong kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, khususnya ke NTB. Selain itu, event ini pun dimaksudkan untuk mempopulerkan Lombok sebagai daerah penghasil mutiara bertaraf internasional dan menumbuhkan rasa cinta serta kebanggaan masyarakat terhadap mutiara Indonesia.

Sapta menambahkan, Lombok Sumbawa Pearl Festival 2011 ini, akan membuka akses pasar dan peluang investasi yang lebih luas, serta menggerakan perekonomian rakyat terutama di sektor pariwisata dan perdagangan. Ada 36 buyers dari 36 negara pada event ini. Selain akan berwisata, para buyers pun akan mengikuti lelang mutiara hasil pembudidayaan para petani mutiara dari berbagai daerah di tanah air seperti NTB, Maluku, Ternate, dan Papua. “Mereka mendapat kesempatan mengikuti post tour ke sejumlah obyek wisata menarik di antaranya melihat pembudidayaan mutiara di sekitar pantai Lombok dan Sumbawa,” urai Sapta.

Menurut jadwal, Menbudpar Ir. Jero Wacik, SE bersama Gubernur Provinsi NTB M. Zainul Majdi akan mengikuti opening ceremony dan menghadiri welcome dinner bersama buyers. Selama festival berlangsung, akan digelar serangkaian acara, diantaranya lelang mutiara yang diikuti para buyers, pameran mutiara, pemilihan putri mutiara, talk show, pentas seni budaya serta lomba menggambar dan mewarnai.

Lombok selain menjadi destinasi pariwisata unggulan Provinsi NTB, juga sebagai sentra perdagangan mutiara terbesar di Indonesia. Produk mutiara hasil budi daya para petani mutiara dari Indonesia ini telah diekspor ke berbagai negara produsen perhiasan mutiara dunia seperti New York (Amerika Serikat), Tokyo (Jepang) , Geneva dan Zurich (Swiss), serta Milan (Italia). Tingginya kualitas perhiasan mutiara dari Indonesia menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang. (fatoer)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s