Destinasi Eco Tourism

Tak Ada Salahnya Singgah di Satwa Gajah Eco Lodge

Kurang komplit rasanya, jika menyambut musim liburan panjang di Lampung, bila tak menyambangi destinasi Satwa Gajah Eco Lodge terletak di dekat Taman Nasional Way Kambas di Kabupaten Way Kanan, Lampung Timur. Di Satwa Gajah Eco Lodge ini, tak hanya menawarkan wisata eco tourism, satwa unik nan langka pun mampu memberikan nuansa liburan yang terkesan. Wisata susur sungai (way kanan rivers) pun bisa melengkapi petualangan berlibur Anda.

Eco Lodge adalah unit usaha yang dibentuk untuk membantu Taman Nasional Way Kambas dalam melindungi beberapa satwa langka yang diambang kepunahan, seperti Gajah Sumatera, Badak Sumatera, Macan Sumatera, Tapir Malaysia, dan beberapa burung langka lainnya. Sebagai salah satu bentuk unit usaha konservasi yang ditujukan bagi para wisatawan asing dan lokal, Eco Lodge ini pun dibekali empat cottage dengan delapan kamar yang nyaman, dan asri.

Taman Nasional Way Kambas yang terkenal dengan Gajah Sanctuary (Elephas maximus sumatrensis) ini, Anda dapat melakukan safari gajah, bisa pula melihat sekumpulan gajah yang asik bermain bola. Tak hanya itu, di kawasan konservasi Eco Lodge ini, Anda pun bisa melihat Badak (Dicerorhinus sumatrensis) yang sedang asik berendam di kubangan lumpur Serta tajamnya bola mata Macan Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di balik belukar taman konservasi.

Berpetualang Di Way Kanan Rivers

Saat fajar menjemput, beberapa wisatawan serta photographer mulai bergegas meninggalkan cottage Eco Lodges menuju sungai way kanan. Setelah sampai di sungai way kanan, para wisatawan ini menggunakan perahu mesin tradisional menyusuri jalur pantai guna melihat pemandangan satwa langka seperti gajah liar, Tiger, Leopard, Badak, Tapir, Beruang, Rusa, monyet ekor babi, dan Siamang Gibbon.

Perahu tradisional yang di desain dengan atap yang kokoh, memberikan posisi yang strategis bagi para wisatawan yang ingin mengambil gambar uniknya para satwa langka ketika sedang berada di habitatnya. Dari atas atap dan dak perahu inilah, setiap wisatawan yang berlibur di kawasan ini, bisa mengambil gambar berbagai jenis burung yang sedang ‘menari’ di ranting pohon dengan mengepakan bulunya yang berwarna-warni itu.

Jika memang kondisi sedang bersahabat, macan sumatera, badak, rusa, serta tapir bisa diambil gambarnya di balik semak belukar di sepanjang jalur Sungai Way Kanan. Meski tidak semua binatang itu menampak diri semua, tetapi rusa, badak dan monyet ekor babi menjadi objek menarik para wisatawan saat berada di sepanjang Sungai Way Kanan.

Aksesbilitas dan Akomodasi

Untuk mencapai ke destinasi Eco Lodge Lampung ini pun cukup mudah. Sebab bisa di tempuh melalui jalur darat dan udara. Beberapa maskapai penerbangan seperti Garuda, Sriwijaya, Batavia Air dan Lion Air, telah membuka rute dari Jakarta – Lampung. Jika menggunakan rute penerbangan, dari Bandara Radin Intan II, hanya membutuhkan waktu selama dua jam untuk sampai di Eco Lodge Lampung. Bila tak mau repot, Eco Lodge pun menyediakan transportasi penjemputan dari Bandara.

Untuk akomodasi, Eco Lodge telah menyediakan empat cottage dengan masing-masing memiliki dua kamar tidur yang luas dan bisa digunakan sampai tiga orang. Fasilitas lain di dalam cottage ada mandi air panas, toilet yang bersih, tv kabel, sebuah beranda dengan kursi-kursi yang nyaman serta view taman yang hijau.

Restorasi dengan beragam menu, dan faslitas free akses internet akan menjadi tempat yang nyaman untuk bercengkerama sembari menentukan destinasi mana dahulu untuk di singgahi, apakah Taman Nasional Way Kambas atau kah wisata susur sungai Way Kanan yang penuh petualangan itu.

Untuk harga sewa cottagenya pun beragam, mulai USD 60 untuk single, USD 65 untuk double, USD 70 untuk triple bed, serta tambahan USD 15 bagi yang membutuhkan eksta bed. Kemudian untuk penjemputan dari Bandara Radin Intan II hanya dikenai biaya USD 40 untuk 4 orang. Harga sewa cottage tersebut, sudah termasuk breakfast. (fatoer *Dimuat juga di Tourism Watch Magazine)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s