Kuliner Khas Aceh

Mie Aceh Rempahnya Berlimpah

Pecinta kuliner asal manapun pasti mafhum dengan menu yang satu ini Mi Aceh. Dibeberapa kota besar, seperti Jakarta dan Medan, menu ini sangat mudah ditemui, mulai dari restoran hotel berbintang hingga kelas kedai maupun tenda. Nama besar Mi Aceh, memang sepadan dengan cita rasa yang ditawarkannya. Apalagi, bisa menyantap di daerah asalnya, Aceh.

Saat berkunjung ke kota Serambi Mekah itu, daftar menu kuliner Mi Aceh menempati urutan pertama dan teratas. Bukan ingin membandingkan harga, tapi ingin menemukan sebuah rasa dan cara menikmati menu tersebut di daerah empunya. Secara tampilan, menu ini memang tidak ada yang berubah. bahan utamanya masih menggunakan mi hokkian yang kenyal, panjang dan besar.

Lidah memang tidak bisa berbohong. Saat memesan menu Mi Aceh di Kedai Warkop Jasa Ayah yang berdiri sejak 1974, Anda pasti akan menemukan sebuah rasa yang berbeda. Mi hokkian yang telah berpadu dengan bumbu di atas bejana, aroma langsung membuncah ke hidung. Bumbu rempahnya berlimpah, dipadu dengan saus sambal, menghasilkan rasa pedas dan baunya yang harum.

Saus sambal yang telah dipadu dengan bumbu racikan sendiri, terlebih dahulu direbus, kemudian mi hokkian yang berwarna kuning dan kenyal itu diaduk dalam satu bejana dengan api gas yang panas. Maka, yang terjadi adalah, suatu menu yang mampu memberikan warna merah kecoklatan dan menggugah lidah. Kenyal, legit, dan pedas dari saus sambal begitu pas di lidah. Taburan bawang goreng di atas mi, acar serta emping, semakin menambah variasi rasa dari dalam setiap sendoknya.

Menu Mi Aceh di kedai makan Warkop Jasa Ayah, yang terletak di jalan T. Iskandar No. 13 – 14, Ulee Kareng, Banda Aceh ini, memang selalu menjadi buruan pecinta kuliner mi, dari berbagai daerah. Kedai ini, dibuka dari pagi hingga malam. Bagi pecinta kopi, menu ini terasa lebih komplit, bila ditutup dengan meminum secangkir kopi ulee kareng. Harganya pun sangat terjangkau, untuk seporsi Mi Aceh goreng dan secangkir kopi hanya berkisar Rp. 20.000 – 25.000. (fatoer)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s