CIPTA AWARD 2011

Menbudpar Serahkan Pengharagaan ke 7 Peraih Cipta Award

Dalam rangka menyambut hari Pariwisata Nasional dan Dunia, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI (Kemenbudpar), menggelar acara Malam Anugerah Citra Pesona Wisata (Cipta award)  2011, pada tanggal 27 September 2011, di Hotel Nikko, Jakarta.

Ir. Jero Wacik, SE, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, menyatakan, UNWTO organisasi pariwisata dunia, yang menetapkan tanggal 27 September sebagai hari pariwisata dunia. Dan, pada tgl 27 September Kemenbudpar melakukan kegiatan apresiasi dengan caranya sendiri, yaitu memberikan apresiasi atau award kepada para pelaku dan pengembang wisata mulai dari kalangan instansi pemerintah daerah, suasta, dan yayasan berkonsentrasi dibidang pariwisata, seni dan budaya.

Firmansyah Rahim, ketua pelaksana sekaligus Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwissata Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI melaporkan, minat Pemda dan masyarakat  untuk mengikuti lomba Cipta Award 2011 tahun ini cukup tinggi, hal itu terlihat ada sebanyak 131 pengelola daya tarik wisata (DTW) dari 17 provinsi di seluruh Indonesia yang mendaftar. Dari 131 pendaftar ini  yang lolos verikasi  oleh tim juri sebanyak 57 DTW, kemudian yang terpilih sebagai finalis sebanyak 21 pengelola.

Ketujuh pemenang Cipta Award 2011 masing-masing untuk kategori wisata alam yang dikelola instansi Pemerintah/Pemda adalah Kebun Raya Eka Karya (Kab Tabanan, Bali), dikelola BUMN/BUMD/BUMS Amanwana Resort (Pulau Moyo, Sumbawa, NTB), dikelola LSM/kelompok masyarakat/perorangan Rinjani Trek (Lombok, NTB).  Kategori daya tarik wisata budaya yang dikelola Pemerintah/Pemda adalah Makam Bung Karno (Kota Blitar, Jatim), dikelola BUMN/BUMD/BUMS Candi Borobudur (Kab Magelang, Jateng). Kemudian kategori daya tarik yang dikelola LSM/kelompok masyarakat/perorangan Museum Batak-TB. Silalahi Center (Kab. Toba Samosir, Sumut).

Untuk kategori daya wisata buatan yang dikelola BUMN/BUMD/BUMS adalah Taman Wisata Mekarsari (Kab.Bogor, Jabar), sedangkan yang dikelola Instansi Pemerintah/Pemda maupun LSM/kelompok masyarakat/perorangan tidak ada pemenangnya. “Ketujuh pemenang Cipta Award 2011 mendapat piala dan sertifikat dari Menbudpar serta bantuan dana stimulus masing-masing sebesar Rp 25 juta yang diharapkan untuk melengkapi fasilitas utilitas di obyek wisata,” kata Firmansya Rahim. (Fatkhurrohim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s