Pameran Nominasi Warisan Budaya Tak Benda

image

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggelar event Pameran Nominasi Warisan Budaya Tak Benda di Hall B Mangga Dua Square͵ Jakarta.

Pameran yang berlangsung hari ini tanggal 8 – 9 Desember 2012͵ memamerkan produk-produk adiluhung seperti Keris dari Jawa Tengah͵ Noken dari Papua͵ Tenun dari Sumba͵ Tari Saman dari Aceh͵ Batik dari Jawa Tengah͵ Wayang dari Jawa Tengah͵ Angklung dari Jawa Barat͵ Tari Tor Tor dari Sumatera Utara.

Direktur Jenderal Kemendikbud͵ Prof. Kacung Marijan Ph. D. Mengatakan͵ event ini dijadikan untuk memperkenalkan ragam warisan budaya dunia tak benda baik yang saat ini sudah terdaftar di UNESCO maupun yang sedang menjadi nominasi serta yang akan diusulkan oleh pemerintah.

Lebih jauh lagi͵ Dirjen mengatakan Indonesia kaya akan aneka ragam budaya baik itu yang bersifat bendawi maupun yang tak benda. Untuk melestarikan warisan budaya tersebut maka diperlukan pendaftaran warisan budya ke UBESCO.

Para penggiat seni adiluhung pun turut mempresentasikan benda-benda tersebut ke para pengunjung pameran yang didominasi anak-anak muda. Dan semoga para generasi muda ini mencintai dan memahami beberapa benda seni adiluhung negaranya. Serta mampu melestarikan͵ mengemvangkan͵ dan memasyarakatkannya. [fatoer]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s